Timnas Indonesia Gagal di Laga Perdana Grup D Piala Asia 2023: Irak Unggul 3-1

Skuad Timnas Indonesia merayakan gol Marselino Ferdinan ke gawang irak di Grup D Piala Asia 2023 di Ahmed bin Ali Stadium, Senin (15/01/2024) malam WIB. (c) AP Photo/Hussein Sayed


KABARLAGA.COM, BOLA - Timnas Indonesia mengawali perjalanan mereka di Piala Asia 2023 dengan kekalahan di tangan Timnas Irak dalam laga perdana Grup D. Pertandingan yang berlangsung di Ahmed Bin Ali Stadium menyajikan pertarungan sengit yang berakhir dengan skor 3-1 untuk keunggulan Irak.


BABAK PERTAMA

Irak memimpin terlebih dahulu di menit ke-17 melalui gol Mohanad Ali setelah memanfaatkan kehilangan bola dari Marselino Ferdinan. Meskipun Timnas Indonesia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui gol Marselino Ferdinan di menit ke-36, Irak kembali unggul di akhir babak pertama melalui gol kontroversial Osama Rashid setelah bola muntah tepisan kiper jatuh ke kakinya. Gol ini mendapatkan validasi dari VAR meskipun ada kontroversi terkait offside.


BABAK KEDUA

Di babak kedua, Irak semakin mengukuhkan dominasinya. Meskipun Amir Fouad mencetak gol yang kemudian dianulir oleh VAR karena offside, Aymen Hussein berhasil membobol gawang Indonesia di menit ke-75, membuat skor menjadi 3-1 untuk Irak.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, melakukan beberapa pergantian pemain untuk mencoba membalikkan keadaan, namun usaha tersebut tidak mampu mengubah arah permainan. Rafael Struick, Elkan Baggott, dan Ivar Jenner ditarik keluar, digantikan oleh Dimas Drajad, Ricky Kambuaya, dan Marc Klok.

Skema taktikal Shin Tae-yong dengan formasi 3-4-3 tidak mampu meredam tekanan Irak, terutama di lini pertahanan. Meski Ernando Ari di bawah mistar berusaha menggagalkan beberapa peluang, Timnas Indonesia harus menerima kenyataan kekalahan.


Dengan hasil ini, Timnas Irak menempati peringkat kedua klasemen sementara Grup D, sementara Indonesia harus puas berada di posisi juru kunci. Meski kekalahan ini mengecewakan, masih ada pertandingan-pertandingan selanjutnya yang bisa dimanfaatkan oleh Skuat Garuda untuk bangkit dan meraih hasil yang lebih baik di Piala Asia 2023. (DRMK)

Posting Komentar

0 Komentar