Jepang Juarai Piala Asia U-17 2023 dengan Kemenangan Telak atas Korea Selatan


Trofi Piala Dunia U-17 (AFP/Miguel SCHINCARIOL)
Trofi Piala Dunia U-17 (AFP/Miguel SCHINCARIOL)

KABARLAGA.COM, BOLA - Jepang sukses meraih gelar juara Piala Asia U-17 2023 setelah mengalahkan Korea Selatan dengan skor telak 3-0 dalam pertandingan final yang berlangsung di Stadion Pathum Thani, Thailand, pada Minggu (2/7) malam WIB.

Kemenangan ini semakin mengukuhkan dominasi Jepang dalam ajang ini, sekaligus menjadikan mereka sebagai juara untuk kali keempat. Samurai Blue sebelumnya telah meraih gelar pada tahun 1994, 2006, dan 2018. Di sisi lain, kekalahan ini membuat Korea Selatan gagal meraih gelar juara untuk ketiga kalinya.

Pertandingan antara Jepang dan Korea Selatan berlangsung sengit. Namun, situasi laga berubah ketika pemain belakang Korea, Ko Jung-hyun, mendapatkan kartu kuning kedua menjelang akhir babak pertama.

Akhirnya, Jepang berhasil membuka keunggulan pada masa injury time babak pertama melalui gol yang dicetak oleh Gaku Nawata. Pada menit ke-66, Nawata kembali mencetak gol kedua untuk memperbesar keunggulan Jepang menjadi 2-0. Satu gol lagi berhasil dicetak oleh Yutaka Michiwaki pada masa injury time babak kedua, sehingga skor akhir menjadi 3-0 untuk kemenangan Jepang. Keunggulan tersebut berhasil dipertahankan oleh Jepang hingga akhir pertandingan. Tim yang dilatih oleh Yoshiro Moriyama ini berhak meraih trofi juara Piala Asia U-17 2023.

Jepang berhasil menjadi juara Piala Asia U17 2023 usai mengalahkan Korea Selatan (Sumber foto: Tangkapan layar Twitter @afcasiancup)(Twitter.com/@afcasiancup
Jepang berhasil menjadi juara Piala Asia U17 2023 usai mengalahkan Korea Selatan (Sumber foto: Tangkapan layar Twitter @afcasiancup)(Twitter.com/@afcasiancup

Dengan kemenangan ini, Jepang semakin menegaskan dominasinya pada kelompok usia ini. Mereka telah menjadi juara empat kali dalam sejarah Piala Asia U-17, dengan tiga gelar sebelumnya diraih pada tahun 1994, 2006, dan 2018. Jepang juga menjadi negara dengan jumlah gelar terbanyak, mengungguli Korea Selatan, Korea Utara, China, Arab Saudi, dan Oman yang masing-masing meraih gelar juara sebanyak dua kali.

Meskipun demikian, baik Jepang maupun Korea Selatan telah memastikan tempat mereka di Piala Dunia U-17 2023 yang akan diselenggarakan di Indonesia. Selain kedua tim finalis, Iran dan Uzbekistan juga akan mewakili Asia dalam turnamen tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar